MUI AKUI PENGIKUT SYIAH BUKAN ALIRAN SESAT


tree_ahlulbayt.jpg
Senin, 14 Januari 2008, 11:22 WIB

Mataram--RRI-Online, Pembina Al Qurba (Keluarga Rasul, red) Kota Mataram, Hasyim Umar menyatakan bahwa aktivitas keagamaan yang dilakukan oleh penganut aliran Syiah sejauh ini dinilai tidak menyimpang dari ajaran Nabi Muhammad SAW.
“Pimpinan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat, Prof.DR Umar Shaleb menegaskan bahwa pengikut Syiah bukan penganut aliran sesat sebagaimana yang sengaja dilontarkan oleh kelompok tertentu didaerah ini,” katanya kepada wartawan di Mataram, Minggu (13/1) malam, sehubungan dengan terjadinya aksi penyerangan terhadap sejumlah warga di Ampenan.

Menurut dia, aksi penyerangan sejumlah warga Ampenan terhadap “kelompok” Syiah yang sedang melakukan aktivitas pembacaan surat Yasin, takbir dan ceramah agama menyambut tahun baru Islam (Awal Muharram, red) merupakan tindakan tidak terpuji akibat termakan hasutan “provokator” yang sengaja menyebarkan fitnah.

Umar lebih jauh mengemukakan , aktivitas keagamaan yang dilakukan dalam pekan menyambut tahun baru Islam (Awal Muharram, red) tersebut tidak menyimpang dari ajaran Nabi Muhammad, dan kitab yang digunakan adalah Al`Quran serta Hadist Nabi.

“Tetapi kelompok yang menjadi provokator itu sengaja menyebarkan rumor yang mendeskreditkan para pengikut Syiah di daerah ini seolah-olah melakukan aktivitas yang menyesatkan,” katanya.

Rumor negatif yang sengaja dihembuskan bahwa pengikut Syiah membenarkan perkawinan tanpa disaksikan wali ataupun pengikut Syiah memiliki nabi lain, selain Nabi Muhammad SAW, menurut Umar, tidak benar.

Pihaknya melaksanakan rukun Islam, sebagaimana yang diajarkan Nabi Muhammad, dan tidak ada penyimpangan sebagaimana yang diisukan selama ini terhadap masyarakat awam, yang menyebabkan mereka terprovokasi untuk melakukan pelemparan saat aktivitas pengajian berlangsung.

“Nabi yang kami agungkan adalah Nabi Muhammad, Kitab Sucinya adalah Al`Quran dan Hadis. Bahkan pelaksanaan ibadah haji juga sama, tidak ada yang menyimpang. Tetapi mengapa mereka harus melakukan tindakan tidak terpuji seperti ini,” katanya dengan nada tanya, sembari menyatakan bahwa penyerangan tersebut didalangi oleh kelompok tertentu.

Umar mengemukakan, pihaknya sebelum melaksanakan aktivitas untuk menyambut tahun baru Islam (Awal Muharam, red) telah memberitahukan kepada Lurah dan masyarakat setempat, dan dinyatakan tidak ada masalah.

“Artinya sudah ada restu dan diijinkan, ” tuturnya seraa menambahkan, aktivitas tersebut juga tidak sampai menimbulkan kebisingan bagi warga tetangga, sehingga tidak ada alasan dari sejumlah warga yang datang berbondong-bondong melakukan penyerangan.

Penyerangan yang dilakukan sejumlah masyarakat tersebut terjadi sekitar pukul tujuh malam, sehabis Maghrib. Sekelompok massa melakukan penyerangan, namun berhasil dihalau oleh aparat kepolisian sehinggga tidak sampai terjadi aksi perusakan maupun korban jiwa.

Kapolres Mataram, AKBP Triyono yang datang bersama dengan Walikota Mataram, H Moh Ruslan, SH meminta pihaknya untuk menghentikan sementara aktivitas itu, dan memulangkan sejumlah undangan ke tempat masing-masing dengan menggunakan kendaraan kepolisian.

Pihaknya sempat mendapat penjagaan dan pengawalan pihak kepolisian, guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Meskipun sempat terjadi pelemparan-pelemparan, polisi berhasil mencegah aksi massa tersebut sehingga tidak menimbulkan kerusakan berarti.

Dari pantauan wartawan, pengawalan polisi dari Polsek Ampenan yang “diback-up” Polres Mataram, berlangsung sampai larut malam, hingga sejumlah massa yang berkonsentrasi berhasil dibujuk untuk membubarkan diri.

(HF)
RESOURCE: RRI-ONLINE

Iklan

23 Komentar

Filed under Berita, Islam, Kliping, Pluralisme

23 responses to “MUI AKUI PENGIKUT SYIAH BUKAN ALIRAN SESAT

  1. Sinya

    Jika terus seperti ini, umat beragama tidak akan bisa dengan tenang melaksanakan ibadahnya, akan selalu saja ada alasan untuk menyerang umat lain dalam melaksanakan ibadah, kalau aparat masih terlalu pengecut untuk menindak dan menyelidiki serta memutuskan untuk melarang suatu perkeumpulan yang mengatasnamakan agama tapi bertindak bak binatang, maka kejadian seperti ini bakal sering terjadi. Setiap mau beribadah harus dibubarkan dan harus memberikan konfirmasi di media atau di kantor polisi, dengan kata lain tak ada jaminan keamanan.
    Marilah kita membantu menyadarkan diri kita dan aparat, bahwa yang diserang, dilempari, atau yang disesat-sesatka itu adalah warga negara Indonesia, adalah tetangga kita adalah saudara kita, sadarkan diri kita sebagai manusia. hanya manusialah yang memiliki kemampuan untuk mencintai dan menghargai tetangga, dan saudaranya, jangan menurunkan derajat kita dari manusia ke binatang, seperti para penyerang, pengebom itu…
    sekali lagi mari kita beri semangat kepada para Polisi untuk lebih berani membela yang benar, sehingga bertindak benar atas dasar undang-undang bernegara, bukan atas tindakan sekelompok orang saja (baca majelis agama tertentu)

    salam Indonesia!

  2. abu zakaria

    Assalamu’alaikum Wr. Wb
    sebenarnya yang patut dipetanyakan adalah kualitas kemampuan MUI itu sendiri dalam memahami ajaran syi’ah. karena ulama salaf pun telah menegaskan bahwa syi’ah adalah aliran yang menyimpang dari islam. Memang benar bahwa syi’ah mengakui bahwa nabinya adalah nabi muhammad SAW dan al qur’an sbg kitab sucinya. Tapi bukankah mereka talah mengkafirkan sahabat rasulullah SAW sprt abu bakar, umar dan ustman? dan mereka meyakini bahwa mereka memiliki imam mahdi yang derajatnya lebih tinggi dari rasulullah bahwakan dari Allah SWT. dan mengklaim bahwa al qur’an yang ada saat ini hanya 1/3 dari isi al qur’an yang sebenarnya, sedangkan al qur’an yang lengkap hanya ada di tangan imam2 mereka yang keberadaannya masih dipertanyakan.. dan syi’ah menganggap bahwa orang diluar mereka adalah KAFIR… dan masih banyak yang tidak dapat disampaikan dalam pendapat saya ini. apabila ingin mengetahui lebih jauh maka silahkan buka di web salafi.
    wassalamu’alaikum Wr. Wb.

    • hendra

      Ketika kita belum tau benar tentang syiah jangalah langsung memvonis orang syiah kafir tetapi mari kita sama2 cari tau lebih jauh tentang syiah melalui dialog ataupun mashab mereka

    • Robyone

      Saya bkn Syiah & bkn Sunni tw pun yg lainnya..
      Saya hanya seorang MUSLIM.
      Dr.Mahmoud Ahmadinejad
      adalah PEMIMPIN ISLAM.
      Orang yg Selalu Mementahkan FITNAH DAJJAL..

  3. Anonim

    syukron akhi abu zakaria

    jika mereka memiliki pemahaman takfiri terhadap sesama muslim..mereka itulah khawarij tapi yg mereka kafirkan itu bukan sesama muslim lagi tapi sahabat rasul…sekali lagi sahabat rasul..?

    jika seseorang yg memiliki pemahaman takfiri yg kuat khawatirlah ia akan terancam seperti yg dikatakan rasul yaitu “anjing neraka”

    tapi kali ini yg mereka kafirkan itu bukan sembarangan mengkafirkan seseorang tapi manusia terbaik yg mengikut rasul..generasi terbaik yg dipuji2 oleh allah..gimana itu? silahkan pahami

    untuk mui sendiri telaah kembali syiah itu..karena angin2 kebencian kesumat orang2 zindik mulai menyebar ditengah2 kaum muslimin….qul ya audzubillah

  4. KEPADA MUI,MOHON JUGA DIPELAJARI TENTANG SYAHADAT KAUM SYIAH DAN RUKUN IMANNYA DAN TENTANG HARI KARBALA. JANGAN BIKIN BINGUNG UMAT. TLONG DIHIMBAU KPD MEDIA TV MEMPROGRAMKAN KAJIAN AGAMA ISLAM YANG MENJAGA SYAFNYA YANG BENAR AGAR GENERASI MUDA ISLAM FAHAM AKAN ISLAM YANG BENAR YG BERPEGANG KPD AL’QURAN DAN HADIST.JANGAN HANYA MENGUPAS TAYANGAN SINETRON ISLAM YANG ALUR CERITANYA MALAH NYLENEH SEBAB SAYA BINGUNG KOK BANYAK MAHASISWA YANG DENGAN MUDAH DISESATKAN MUNGKIN AQIDAH MEREKA KURANG KUAT. GA ADA SALAHNYA PARA ULAMA MEMBANTU MEREKA TUK MEMAHAMI ARTI SYAHADAT, RUKUN ISLAM DAN RUKUN IMAN AGAR TIDAK MUDAH DISESATKAN.DAN SAYA SETUJU DGN KOMNTAR AKHI ABU ZAKARIA YANG TEGAS.

  5. kariem

    mau tau tentang si’ah apakah sesat atau tidak?tanya aja pada ketua MPR .pak DR HIDAYAT NUR WAHID,beliau lebih tau ttg hal itu,ingat kan waktu ada muktamar di istiqlal?huh emang susah juga sih memahami ulam2a liberal kayak umar tuh.

  6. Prihatin sekali, kalau umat islam saling serang dan hujat kaya gini dijamin umat Islam akan tetap tertinggal disegala bidang. Ekonomi, politik dan semua jalur kehidupan dikuasai oleh golongan non muslim, umat Islam tidak sempat memikirkan masalah ekonomi, pendidikan dan politik, sibuk saling hujat dan gebuk. Sampai saat ini umat Islam masih termasuk golongan minoritas didunia. Di Negara yang mayoritas pemeluknya Islam selalu terjadi keributan karena perbedaan paham. Sungguh memprihatinkan.

  7. Syi’ah dan Sunnah adalah aliran yang sah di dalam Islam lahir dan besar dari rahim Islam yang satu junjung tinggi dan jayakan Islam meski lewat jalan yang tidak harus selalu sama…Allahu Akbar

  8. Roni

    salam wa rahmah, parah2

  9. QURAISY HABSYI

    buat yulia n zakaria,moga2 di beri ampunan n hidayah oleh allah karna menghina syiah,sebab mereka berdua itu belum tahu syiah yg sebenarnya

  10. FPI

    buat tmen2 syia’ah, tlong gambarkan ajaran syi’ah dnk. biar kita ga terlanjur percaya dgn beberapa isu ttg keyakinan syi’ah antara laen :
    1. Imam Ali lebih patas jadi nabi ketimbang muhammad
    2. posisi imam syi’ah lebih tinggi dari para rosul
    3……
    4. bla-bla

  11. iqbal

    taek lo semua. apa2 berlebihan jelek.islam yang panatik berlebihan pun elek..bagi muslim yang berlebihan fanatiknya makannannya taek…

  12. junaedi

    lu semua sadar donk kalau ilmunya masih cetekkk…!!! jangan asal komentar tanpa dasar ilmu atau paling2 baru baca satu dua kitab yang belum tentu bener isinya yang mungkin hanya provokasi mau memecah belah umat islam Baca dong buku yang isinya dialog dari dua orang alim masing masing fihak dari ahlusunah dan syiah. Dialog yang santun ini terjadi antara Syeikh Salim Bishri (mantan syeih al Azhar dua kali) dengan Abdul Husain Syarafuddin. Tolong dibaca dengan pikiran jernih dan tenang,,, disertai kesadaran bahwa ilmu lo pada,, belum apa apanya beliau beliau.. bukunya Dialog Sunah Syiah semoga mendapat petunjuk dan saling memahami sesama muslim…..

  13. maehmaamfa

    Kalau memang merasa sdh tahu banyak tentang Syiah, tolong cek ulang rujukan argumentasi yang ada, apakah memang dari kitab2 yang asli dari penganut syiah? Bila perlu referensinya ambil yang lengkap, jangan sepotong.Bila perlu lakukan Dialog dengan ulama syiah.Lakukan hal ini dengan tujuan mendapatkan ridho ALLAH sekaligus untuk mencari kebenaran.Jangan hanya dialog untuk tujuan saling menjatuhkan dan ingin menang sendiri.Semoga kita semua selalu mendapatkan petunjuk dari ALLAH SWT.Amin.Tq

  14. agama mereka adalah TAKIYYAH

  15. Dr.Mahmoud Ahmadinejad
    Pemimpin Islam..

  16. fikr hikmah

    ass> ingat cerita 4 orang buta yg pegang gajah lalu d suruh menceritakan apa yg baru mereka pegang, itulah kalian semua…… semoga kita semua mendapat rahmat NYA……. .Amin.

  17. @fpi:itu syiah ghulat yg dibuat oleh yahudi,..biar islam pecah..tokohnya abd.ibnu saba’….hidup awal kalifah ustman,..yg benar..rosul saw bersabda:AKU ADALAH KOTANYA ILMU DAN ALI PINTU GERBANGNYA,….kalokita masuk kota tanpa lewat pintu,..kan illegal…?kayak tki kita, wassalam

  18. kasta jingga

    KASTA JINGGA….menyerang tanpa alasan kepada sesama muslim maupun non muslim dengan yeel yeel allahuakbar,hancurkan…………!!!.yang melakukan penyerangan ini sebenarnya aliran apa ? agamanya apa ?menurut saya kelompok inilah yang sebenarnya sesat,tidak mengerti agama yang paling patal lagi bisa baca al-quran tapi tidak paham,mengerti hadist tapi tidak bisa diterapkan.sangat ironi nama ALLAH dibuat jadi tameng .sadarlah marilah kita teladani nabi besar muhammad s.a.w yang hidup bedampingan,harmonis bersama bangsa yahudi dimekkah dimassa lampau, haruskah kita pungkiri ???.wassalam jeddah k.s.a.

  19. kasta jingga

    Kutipan sebuah hadist Rasullullah s.a.w “Bila umatku sudah terbagi bagi maka itu pertanda kiamat(kehancuran) akan datang”wallahuallam bissawap.dan aku masih ingat semasa aku di smp kls tiga,waktu itu ada seorang tuan guru yang menurut aku kata katanya bak buah ajaib,baru sekarang aku mengerti makna dari ceramahnya itu kutipannya”nanti pada tahun 2000 akan terjadi perang dunia ketiga dimana perang antar negara,kita akan perang bukan lagi sama musuh tapi anak sendiri,saudara sendiri,diindonesia akan dibanjiri dengan darah,pemimpin islam saling menghunus pedang,wanita jadi laki laki,manusia berkepala hewan ,hewan berkepala manusia,tak ubahnyanya spt jaman ja-hil-liy-ah,disitulah dajal berkeliaran disitu kita akan tahu siapa diantara kita yang akidahnya kuat.singkatnya aku simpulkan dijaman ini terjawab sudah apa yang melanda negeri ini sekarang,kita buktikan !.jaman dulu sundel atau zinah sekarang diperindah kumpul kebo,selingkuh,wts.pekrja komersial.pejualan budak atau perempuan,hamba sahaya sekarang diperindah tenaga kerja wanita dll.jangan heran jaman sekarang banyak ayam potong alias anak jaddah kalau sekarang anak haram.pemimpin agama sudah berubah jadi pemimpin harta,bagaimana dengan umatnya ?.kalau dulu para ambia,para wali tak kenal lelah menyebarkan agama sekarang kalau tidak dijemput mercedes katanya sibuk.kalau sudah begini siapa yang salah ULAMA atau UMMAROH ?.dari uraian yang ringkas ini mungkin saudara/i seagama punya kesimpulan atau jawaban yang lebih jelas.Kasta jingga tunggu ya… !!! by jeddah k.s.a

  20. thoby labobar

    orang-orang yang menyerang dan menghujat aliran syiah adalah
    ORANG-ORANG YANG BERIMAN DAN BERAKAL SEHAT
    TAPI TIDAK BER’AHLAK DAN MUNGKIN PENERUS MUAWIAH DAN TURUNANNYA !!! SEMOGA DILAKNAT !!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s