Ada ‘Nabi’ di Lombok Timur ?


Abdullah alias Amaq  BakriMarak diberitakan, seseorang laki-laki paruh baya bernama Amaq Bakri asal Desa sambelia Lombok Timur mengaku menjadi nabi. Isu itu merebak setelah selebaran berjudul “seputar nabi palsu” beredar di tengah masyarakat. Menurut selebaran itu Amaq Bakri mengaku diri seorang nabi karena telah melakukan perjalanan isra’ mi’raj persis seperti yang dilakukan nabi muhammad.

Kepala desa Sambelia, Umar mengiyakan adanya isu ini. Dikatakan Umar, isu tersebut pernah muncul tahun 1990 ketika Amaq Bakri pertama kali mengaku mengalami kejadian aneh “isra’ mi’raj” itu. Saat itu, Amaq Bakri sempat di sidang di kantor kecamatan oleh beberapa tokoh masyarakat, aparat desa dan aparat kecamatan. Namun karena Amaq bakri tak terbukti menyebarkan ajarannya, peserta sidang memaafkannya. Belakangan, isu Amaq Bakri mengaku nabi itu kembai menyeruak setelah selebaran gelap itu beredar di tengah masyarakat.

Amaq bakri ketika di temui dirumahnya (15/10) dusun Bebile, desa Sambalia, Kecamatan sambelia, Lombok Timur lantas membantah isu bahwa dirinya pernah mengaku nabi. Sebutan nabi sebenarnya diberikan dua orang yang mengaku wartawan dari Jawa dan pernah mewawancarainya. ‘’Dia langsung bilang berarti anda ini nabi. Saat itu saya stop ucapan mereka. saya tidak mengaku nabi,’’ katanya.

Hanya saja, Amaq Bakri tidak menolak jika ada orang yang menjulukinya nabi. Menurutnya itu hak setiap orang. ‘’Orang boleh panggil saya apa saja, yang penting bukan saya yang mengatakan begitu,’’.

Amaq Bakri membenarkan, tahun 1990-an ajarannya pernah menghebohkan Desa Sambelia dan berujung penyidangan dirinya di kantor kecamatan. ‘’Saya ingat itu tahun 1997 dan 9 kali saya di sidang. Saya malu sekali saat itu, dipertontonkan seperti maling,’’ ujarnya menggunakan bahasa Sasak.

Kasus heboh Amaq Bakri yang bernama asli Abdullah ini bermula ketika ia menuturkan pengalaman spritualnya kepada beberapa orang. Dalam pengalamannya itu, ia mengaku naik ke langit ketujuh dan melihat langsung surga. ‘’Bahasa dunianya mi’raj,’’ ujarnya.

Amaq bakri mengaku mengalami kejadian seperti ini dua kali, pertama tahun 1970 dan kedua tahun 2005. Pengalaman tahun 2005 bahkan lebih dalam, ia mengaku masuk ke alam roh. Pengalaman inilah yang ia tuturkan dan membuat gempar masyarakat sekitar. Karena hasil perjalanannya banyak yang dinilai tidak masuk dalam akal sehat masyarakat sempat menyebutnya Gila.

Beberapa pengalaman yang diceritakan amaq bakri, saat Isra’ Mi’raj itu ia dapat melihat syurga secara langsung, merasakan dan berintraksi dengan alam akhirat, sempat berganti hidup, menerima kedudukan sebagai “Pande” yang dia analogikan seperti tukang Pande Besi. Ia mengibaratkan dirinya mendapat kedudukan sebagai Pande Manusia. Ia juga mengatakan di nobatkan allah sebagai Jawa’, sebagai penunjuk jalan yang benar. Tak hanya itu, Amaq Bakri dinobatkan seagai “Nandang” atau setiap ucapan yang dia katakan merupakan kebenaran, penyeru amar ma’ruf nahi munkar.

Amaq Bakri mengaku beberapa waktu lalu pernah ada muballigh yang datang ke tempatnya dan diminta untuk bertaubat. Muballigh itu bahkan sempat mengikuti pengajian-pengajiannya serta berdiskusi dengannya. Amaq bakri meduga muballigh inilah yang menyebarluaskan pemikirannya ini.

‘’Dia memang merekam dan katanya mau membuat jadi kaset,’’ ujarnya.

Sementara itu Asisten I Setda Lotim H Muhasim membenarkan kasus Abdullah alias Amaq Bakri alias papuq Junaedi ini merupakan kasus lama. Pemerintah daerah pun sudah sering mendekati dan melakukan pembinaan. ‘’Jamaahnya juga sudah sedikit,’’ ujarnya.

Kasus Abdullan ini sebenarnya tidak akan menjadi kontroversi kalau dia tidak menceritakan pada orang lain. Belakangan, bukan sekadar menceritakan pada orang lain tapi juga memiliki jamaah. Inilah yang kemudian menjadi keresahan masyarakat. ‘’Kalau masalah pengalaman spiritual itu masalah individu, ini dia mengajak orang lain,’’ ujarnya.

Kasus ini mencuat kembali, setelah sepekan ini merebak isu adanya orang yang mengaku nabi, setelah ditelusuri ternyata itu Amaq Bakri. Entah dari mana dan siapa yang kali pertama menghembuskan isu ini. ‘’Kami akan kesana nanti (hari ini, Red) untuk mendekati dan memberikan masukan pada Amaq Bakri,’’ ujarnya. (fat)

11 Komentar

Filed under Agama, Berita, Demokrasi, Informasi, Lokal, Pluralisme

11 responses to “Ada ‘Nabi’ di Lombok Timur ?

  1. Ass. Akan banyak sekali orang yang mengaku nabi atau rasul di zaman ini karena Islam tidak punya pemimpin yang tunggal, dari hadis Rasulullah tentang banyak aliran yang akan muncul sampai 70an lebih dan yang diridhoi cuma 1 yakni Ahli Sunnah Wal Jamaah. Aliran manakah yang dimaksud oleh Rasulullah tersebut? wassalam

  2. ayuk

    Islam tidak boleh berantakan…………..
    harus bersatu, okey,……….

  3. Amaq Bakri hanya sebagian kecil dari korban permainan yahudi,,,
    perlu saudara2 ketahui bahwa di NTB yang sesungguhnya paham dan ajaran kaum yahudi udah menyebar luar dan itu bukan sekarang tapi udah lama lihatlah dari cara hidup orang2 NTB khususnya LOTIM

  4. Amaq Bakri hanya orang kecil yg dimanfaatkan sama mereka,, lihatlah wajah dan cara berbhsanya hanya orang awam,, dia hanya salah satu korban kelicikan yahudi,,,
    lihatlah dari IJAZAH kenabian yg dia tunjukkan bisa diperkirakan diprint pake printer hp deskjet 2900 dan disana ada lambang yahudi,, atau lingkaran setan

  5. Anonim

    engkah mentie amak, erup ni karing seberak gati…aneh turut ape sak basen tuan guru by nani, insyaAllah ye wah sak paling bagus..

  6. semakin banyak orang yang mengaku nabi maka akan mempercepat datangnya kiamat.

  7. Anonim

    orang yg mengaku jadi nabi patut di sembelih

  8. Jyan

    Tdk ada nabi stlh nabi muhammad

  9. Anonim

    bangsat org itu .enak aja ngaku dirinya nabi .nanti saya bunuh dia

  10. Anonim

    ye jogang aq bakri tie lsng

  11. Anonim

    hehe…….ternyta ada jga yg ngku ngku sbgai nabi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s